EDUTALK bersama Permira (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia)

Telah terlaksana acara EDUTALK: Beasiswa S1, S2, dan S3 di Rusia yang diadakan oleh Kantor Hubungan Internasional UM yang bekerjasama dengan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Pemira). Acara bincang akademik ini dilaksnakan pada tanggal 5 September 2019, dan bertempat di Aula A3, lantai 2, Universitas Negeri Malang. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberi wawasan kepada civitas akademika UM mengenai beasiswa dan kehidupan di Rusia. Dihadiri oleh 230 mahasiswa UM yang sudah mendaftar sebelumnya.

Bincang akademik ini dimulai tepat pada pukul 13.00 WIB, oleh pembawa acara, Zahrotul. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Hubungan Internasional UM, Ibu Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan harapannya supaya setelah mengikuti bincang akademik ini agar salah satu atau lebih dari mahasiswa yang hadir dalam acara ini dapat melanjutkan studi S2 atau S3 nya di Rusia. Setelah menyampaikan sambutannya, beliau dipersilahkan untuk memberikan cindera mata kepada dua orang pemateri hari ini dan berfoto bersama peserta Edutalk.

Berlanjut pada acara inti yaitu penyampaian materi pertama oleh Ananta Rilo Pambudi Hutomo, B. A, yang mana beliau adalah salah satu pengurus Permira. Beliau menyampaikan materi dengan tema Russia: The Myths and The Truth. Beliau mengenalkan dan menjelaskan tentang kehidupan pada umumnya di Rusia, sejarahnya, budayanya, dan pandangan orang-orang terhadap Rusia.

Pada penyampaian materi yang kedua yaitu Why Russia, oleh Ibu Febry Wijayanti, SE., ME. Beliau juga merupakan salah satu anggota pengurus Permira. Dalam penyampaian materi kali ini beliau menjelaskan lebih detil tentang bagaimana rasanya kuliah di Rusia. Beliau menjelaskan mulai dari proses pencarian beasiswa di Rusia, beasiswa apa saja yang bisa kita mendaftar, perguruan tinggi-perguruan tinggi yang banyak mahasiswa asingnya, hingga culture shock yang mungkin nanti akan dihadapi ketika kuliah di Rusia.

Setelah penyampaian kedua materi berakhir, peserta dipersilahkan untuk bertanya. Peserta terlihat antusias karena begitu banyak yang mengangkat tangannya sekedar ingin bertanya. Akhirnya, karena keterbatasan waktu, hanya beberapa di antara mereka yang mendapat kesempatan untuk bertanya. Namun, kedua pemateri hari ini, yang lebih akrab dipanggil Mas Ananta dan Mbak Febry mempersilahkan peserta untuk mengontak mereka apabila masih belum puasa tentang materi hari ini. Akhirnya, acara diakhiri dan ditutup oleh pembawa acara tepat pada pukul 15.30 WIB.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *