Indonesian Day 5 – Bermain Bersama di OIA

Pada acara Indonesian Day yang ke-5 kali ini, Kantor Hubungan Internasional Universitas Negeri Malang mengajak seluruh mahasiswa internasional UM untuk Bermain Bersama di OIA—yang mana juga merupakan tema pada acara tersebut. Acara ini telah sukses dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Oktober 2019, di Ruang Rapat Kantor Hubungan Internasional, Sasana Budaya lantai 1. Hampir seluruh mahasiswa internasional dari berbagai program di Universitas Negeri Malang mengikuti acara Indonesian Day ini dengan antusias, mulai dari program Erasmus++ 2019, UM International Student Scholarship 2019, Indonesian Flagship Language Initiative (IFLI) from AMINEF USA that managed by BIPA Faculty of Letter UM, Transfer Credit Yala Rajabhat University 2019, Panda Practical Training GXNU 2019, 3+1 GXNU 2019, Darmasiswa 2019/2020, dan Kemitraan Negara Berkembang (KNB) 2019.

Permainan yang dimainkan oleh pada mahasiswa adalah Introduction Game dan Menyusun Peta Indonesia. Pada Introduction Game, mahasiswa membentuk lingkaran besar kemudian menari berputar diiringi musik. Setelah musik berhenti, mereka memperkenalkan diri sendiri dengan menyebutkan nama sekaligus gerakan yang menggambarkan diri mereka. Introduction Game berlangsung sangat seru dan menyenangkan, ditambah lagi dengan panitia yang juga ikut serta meramaikan permainan. Introduction Game bertujuan untuk membantu para mahasiswa mengenal satu sama lain, terutama dari mahasiswa yang berasal dari program yang berbeda.

Permainan selanjutnya adalah Menyusun Peta Indonesia. Mula-mula, mahasiswa dibagi menjadi lima kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan satu kertas dan satu spidol untuk menggambar peta Indonesia, yang sebelumnya telah ditampilkan di layar, dalam waktu tiga menit. Selanjutnya, tiap kelompok harus pergi ke pos 1 hingga pos 5 untuk mendapatkan potongan satu pulau dari tiap pos. Untuk mendapatkan potongan pulau, mereka harus menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan di pos tersebut. Kelompok yang paling cepat menyusun peta Indonesia adalah pemenangnya. Permainan ini dimenangkan oleh kelompok 5, disusul dengan empat kelompok lainnya. Permainan Menyusun Peta Indonesia ini bertujuan untuk memperkenalkan wilayah Indonesia yang terdiri dari belasan ribu pulau, terutama lima pulau besar di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Indonesian Day ke-5 ini ditutup dengan pembagian hadiah untuk para mahasiswa, dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa. Mahasiswa sangat senang atas diadakannya acara Indonesian Day ini. Mereka sangat menikmati permainan-permainan yang mereka lakukan dan sangat berharap acara ini akan sering diadakan. Terima kasih atas partisipasi seluruh peserta dan panitia acara Indonesian Day ke-5 ini. Sampai jumpa di acara Indonesian Day berikutnya!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *