MCUT Summer Camp 2024

MoU Signing

Wednesday, 24 April 2024

Malang – Mahasiswa internasional Universitas Negeri Malang (UM) telah melakukan studi seni dan budaya di Karimunjawa. Program tahunan bersama mahasiswa internasional program KNB dan Darmasiswa tahun ini berkesempatan mengunjungi Pulau Karimunjawa selama 3 hari, 20-22 Desember 2019. Para mahasiswa berangkat pukul 23:00 WIB dari kampus UM.

Hari pertama setelah tiba di Jepara, para peserta melakukan persiapan perjalanan dari Pelabuhan Kartini menuju Karimunjawa. Mereka tiba pada pukul 12.00 WIB (20/12) dan langsung menuju penginapan yang telah dipesan sebelumnya. Setelah beristirahat di hotel, peserta melakukan persiapan ke perahu wisata. Setibanya di lokasi, peserta menuju lokasi objek wisata yaitu Spot Nemo. Perjalanan selama satu jam ini terbayar dengan snorkling menikmati keindahan biota laut Karimunjawa.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke objek wisata selanjutnya, yaitu Tanjung Gelam dan Batu Topeng. Setelah tiba di lokasi pada pukul 15:40 WIB, peserta menikmati keindahan pantai dengan melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain pasir, ombak laut, dan berfoto. Acara yang paling dinantikan adalah menyaksikan sunset bersama pada pukul 17:00 WIB. Acara dilanjutkan dengan bersih diri, makan malam, dan santai sejenak. Para mahasiswa bebas untuk melakukan kegiatan apapun hingga pukul 21:00 WIB untuk istirahat.

Di hari kedua kunjungan di Pulau Karimunjawa, peserta kembali melanjutkan perjalanan. Destinasi pertama adalah pasar tradisional (21/12). Selama mereka berada di pasar tradisional, mereka mempelajari budaya masyarakat Jawa dalam transaksi jual beli yaitu tawar menawar. Selain itu mereka juga menikmati jajanan tradisional yang ada. Perjalanan dilanjutkan pada pukul 06:00 WIB menuju ke Bukit Love Karimunjawa, yang merupakan destinasi terakhir sekaligus sebagai penutup. Setibanya di Bukit Love, peserta melakukan berbagai aktifitas seperti bersantai, menikmati keindahan sekitar pulau Karimunjawa, dan berfoto. Peserta kembali menuju penginapan pada pukul 08:00 WIB dan melakukan persiapan serta bersih diri menuju Pelabuhan Kartini Jepara. Setibanya di pelabuhan, peserta melakukan perjalanan kembali ke Malang pada pukul 13:00 WIB. Peserta tiba di Malang pukul 03:00 WIB (22/12).

en_GBEnglish (UK)
×