Beasiswa Turki 2020 sudah dibuka! Setiap tahunnya, Pemerintah Turki menawarkan Türkiye Scholarships, sebuah beasiswa penuh bagi pelamar internasional (termasuk Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1, S2 atau S3 di universitas-universitas yang ada di Turki . Beasiswa ini tersedia untuk berbagai jurusan dan bidang studi. Tentunya kesempatan yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Dalam beasiswa ini, pelamar tidak perlu mengajukan pendaftaran terpisah pada universitas yang dituju. Dengan menggunakan formulir pendaftaran online beasiswa, pelamar juga bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati. Sehingga saat pelamar dinyatakan mendapatkan beasiswa, secara otomatis juga akan diterima pada universitas di Turki.

Proses perkuliahan kebanyakan menggunakan bahasa Turki. Tetapi ada juga program studi yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Perancis, atau Arab. Sebaiknya sebelum mendaftar beasiswa, pelamar harus mencermati bahasa pengantar apa yang akan digunakan dalam program studi yang akan dilamar. Selain itu, pelamar juga akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis selama satu tahun sebelum perkuliahan yang tentunya akan membantu proses perkuliahan nantinya.

Durasi Program:

  1. Program S1 (Undergraduate Program): 4 s/d 6 tahun (tergantung durasi masing-masing program studi) + 1 tahun kursus bahasa Turki
  2. Program S2 (Master’s Program): 2 tahun + 1 tahun kursus bahasa Turki
  3. Program S3 (PhD Program): 4 tahun + 1 tahun kursus bahasa Turki

Cakupan Beasiswa:

  1. Gratis biaya kuliah hingga lulus studi.
  2. Tunjangan per bulan senilai 700 TL (± Rp 1,6juta) untuk mahasiswa S1, 950 TL (± Rp 2,2juta) untuk mahasiswa S2, 1400 TL (± Rp 3,2juta) untuk mahasiswa S3.
  3. Akomodasi/Tempat tinggal.
  4. Asuransi kesehatan.
  5. Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir masa studi.
  6. Gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan.
  7. Penerima beasiswa juga akan mendapatkan bimbingan sosial, budaya, dan akademik dalam bentuk kongres, seminar, akademi mahasiswa internasional, program-program terkait olahraga dan seni, pelatihan, peluang magang, dan orientasi karier.

Persyaratan:

  1. Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang sebelumnya merupakan warganegara Turki tidak dapat mendaftar).
  2. Sebelumnya tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar.
  3. Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat, S1 atau S2 sebelum September 2020. Untuk pelamar kelas 12 SMA/SMK/Sederajat, atau mahasiswa yang akan lulus sebelum September 2020 juga bisa mendaftar.
  4. Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3.
  5. Nilai rata-rata minimum 70 untuk pelamar beasiswa S1, minimum 75 untuk pelamar beasiswa S2 dan S3, serta minimum 90 untuk pelamar Program Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.
  6. Pelamar tidak diharuskan dapat berbahasa Turki, karena para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis sebelum masa perkuliahan.

Berkas Dokumen Yang Dibutuhkan (Softcopy):

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor yang masih berlaku (Untuk mempercepat tahapan akhir pendaftaran beasiswa, sangat disarankan pelamar melampirkan paspor sebagai dokumen identitas mereka atau setidaknya menunjukkan paspor yang valid pada saat wawancara beasiswa).
  2. Pasfoto terbaru (sebaiknya berpakaian resmi).
  3. Transkrip Nilai/Rapor semester 1 s/d semester terakhir yang diterima dan telah dilegalisasi pihak sekolah/universitas asal.
  4. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus sementara.
  5. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll) jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih.
  6. Nilai hasil ujian bahasa TOEFL/IELTS (jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih).
  7. Proposal penelitian dan contoh karya tulis/jurnal (hanya untuk pelamar program PhD).
  8. Surat Rekomendasi dalam bahasa Inggris dari kepala sekolah/guru/pejabat/dosen/petinggi instansi. Bisa melampirkan 1-3 surat.
  9. Scan piagam/sertifikat/project/volunteer yang pernah diikuti. Tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, karena ada kolom deskripsi.
  10. Letter of Intents, yaitu Motivation Letter dengan format tanya jawab (maksimal 3000 karakter per pertanyaan) mengenai alasan belajar ke Turki, mengapa memilih bidang studi tersebut, rencana karir setelah lulus, dsb.
  11. Pilihan universitas dan jurusan (maksimal 12 pilihan). Sebaiknya fokus pada satu jurusan.

Cara Mendaftar:

  1. Pendaftaran Beasiswa Turki 2020 dapat dilakukan secara online pada website resminya: tbbs.turkiyeburslari.gov.tr. Klik tulisan Register untuk membuat akun baru, masukkan email dan password yang akan digunakan saat login. Cek e-mail untuk konfirmasi link aktivasi akun.
  2. Untuk mengisi formulir pendaftaran beasiswa, pelamar dapat kembali pada website tbbs.turkiyeburslari.gov.tr, dan memasukkan e-mail dan password yang tadi sudah didaftarkan. Isi formulir sesuai dengan data-data yang diminta. Jangan lupa seluruh dokumen yang akan diupload, harus sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki.

Catatan:

  1. Beberapa jurusan/program studi mungkin akan memberikan persyaratan dan berkas dokumen tambahan (misal: skor TOEFL/IELTS, SAT, dsb). Pastikan anda memenuhi persyaratan dan dokumen yang diminta oleh program studi yang anda lamar. Cara melihat persyaratan dari masing-masing jurusan/program studi, bisa dengan mengunjungi link “Program Search” di atas. Biasanya jika anda memilih program studi yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, akan diminta skor TOEFL/IELTS, tetapi jika memilih program studi yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Turki, tidak akan diminta skor TOEFL/IELTS.
  2. Berkas dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah (lihat informasi mengenai Jasa Penerjemah Tersumpah).
  3. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Turki sampai dengan 20 FEBRUARI 2020.
  4. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi wawancara yang akan diinformasikan melalui email yang sudah didaftarkan. Periode wawancara antara bulan Maret s/d Juni 2020.
  5. Pengumuman akhir penerima beasiswa dilaksanakan pada Juli 2020. Studi di Turki akan dimulai September 2020.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Turki 2020 – 2021 dapat menghubungi kontak berikut:
Call Center: 0 850 455 0 982
E-mail: info@turkiyeburslari.gov.tr
Sumber Informasi Resmi: www.turkiyeburslari.gov.tr.


en_GBEnglish (UK)
×