Rapat Bersama Eastern Asia University dan Attarkiah Islamiah Institute

Universitas Negeri Malang mengadakan rapat bersama dua universitas dari Thailand, Eastern Asia University dan Attarkiah Islamiah Institute. Rapat ini diadakan di Gedung Graha Rektorat UM lantai 8 pada tanggal 21 Februari 2020. Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd (Wakil Rektor IV), Ibu Evi Eliyanah, S.S. M.A (direktur Hubungan Internasional UM), beberapa staf HI, dan ketua dari masing-masing fakultas di UM menyambut kehadiran Prof. Dr. Chotiras Chavanich selaku pimpinan Eastern Asia University yang hadir bersama beberapa dosen universitas, dan Bapak Phaisan Toryib selaku manajer Attarkiah Islamiah Institute yang juga hadir bersama para staf. Rapat ini juga dihadir Bapak Adul Meatam yang merupakan staf Konsulat Republik Indonesia di Songkhla, Thailand.

Sambutan pembuka disampaikan oleh Ibu Evi dan dilanjutkan dengan pidato singkat oleh Bapak Ibrahim Bafadal. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. (Rektor UM) tidak dapat hadir dikarenakan beliau menghadiri rapat di Jakarta dan mengirimkan salam pada para tamu undangan. Bapak Ibrahim Bafadal juga mengatakan bahwa Thailand selalu menjadi rekan yang penting bagi UM. Selalu ada mahasiswa dari Thailand yang belajar di UM (melalui Program Beasiswa KNB, UMiCamp, Darmasiswa, dll). Maka dari itu, UM berharap kerja sama dengan Attarkiah Islamiah Institute dan Eastern Asia University dapat segera dilaksanakan. Kerja sama tersebut dapat berupa pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, program magang, dan lain sebagainya.

Di akhir rapat, Ibu Kulchalee Thupatemee (Eastern Asia University) mengatakan bahwa program kerja sama yang dapat dilakukan kedua belah pihak dalam waktu singkat adalah program study tour. Mahasiswa dari berbagai fakultas di UM dapat mengunjungi Thailand untuk melihat-lihat sistem pendidikan di sana atau studi banding, begitu juga sebaliknya. Beliau juga mengundang UM untuk bergabung dengan kompetisi paduan suara yang akan diselenggarakan di Eastern Asia University. Setelah kedua belah pihak mencapai kesepahaman, rapat diakhiri dengan sesi foto Bersama dan pemberian cinderamata.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *