Writing Bootcamp: Penulisan Buku Bunga Rampai

Kantor Hubungan Internasional Universitas Negeri Malang (OIA UM) sukses menyelenggarakan kegiatan “Writing Bootcamp: Penulisan Buku Bunga Rampai Pengalaman Belajar ke Luar Negeri”yang bertempat di gedung Sasana Budaya lantai 1 Kantor Hubungan Internasional UM. Acara pelatihan menulis ini diadakan pada Jumat, 13 Maret 2020. Cerita-cerita yang ada di buku ini merupakan kumpulan tulisan atau karya asli dari penulis-penulis, yakni alumni dan mahasiswa aktif di UM, yang memiliki pengalaman ke luar negeri. Buku ini ditulis agar para pembaca, khususnya mahasiswa UM, dapat terinspirasi dan termotivasi untuk mencari beasiswa ke luar negeri.

Acara ini dibuka oleh  Direktur Hubungan Internasional UM yaitu Ibu Evi Eliyanah, S.S, M.A., PhD. Beliau menyampaikan terima kasih kepada para peserta atas animo yang diberikan terhadap kegiatan OIA UM, khususnya Writing Bootcamp tahun ini. Bu Evi  juga berharap agar mahasiswa UM memiliki semangat yang tinggi untuk berani mengembangkan diri, mengeksplorasi hal yang baru, dan keluar dari zona nyaman. Sebagai perumpamaan, beliau mengatakan bahwa seseorang yang berani ke luar negeri sendirian ibarat batu yang ada di ketapel. Mereka dilemparkan jauh dari keluarga, kemudian harus bisa bertahan dan berani berjuang di tempat dan budaya yang baru.

Pemateri dan pemandu jalannya kegiatan adalah Ibu Nurrenzia Yanuar, S.S, M.A, selaku Tim Pengembang HI UM dan dosen Fakultas Sastra UM. Menurut beliau, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menggambarkan ide atau peta konsep dalam menulis, yaitu clustering, listing, dan free  writing. Kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta  adalah menemukan ide atau peta konsep tentang apa yang akan ditulis. Ide ini terkait dengan pengalaman yang dimiliki saat pergi keluar negeri. Kemudian membuat ide atau peta konsepnya  tersebut menggunakan metode clustering.

Peserta sangat antusias dalam menulis pengalaman yang dimiliki saat di luar negeri. Setelah semua peserta mampu membuat peta konsep tentang tema yang akan ditulis melalui teknik clustering, peserta melanjutkan tulisan mereka dengan membuat kerangka karangan dan mengembangkan kerangka karangannya masing-masing. 

Mendekati penghujung acara, Ibu Evi kembali menyampaikan pesan kepada para peserta, serta mengucapkan terima kasih karena telah meluangkan waktunya untuk mengikuti writing bootcamp ini meskipun beberapa alumni sudah tinggal di luar kota Malang dan beberapa harus izin tidak mengikuti kelas. Pukul 16.30, acara ditutup dengan pembagian sertifikat kepada para peserta dan foto bersama.  

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *