Peserta UM iCamp 2017 Ikuti Bari’an

MALANG. Bari’an merupakan sebuah tradisi tahunan yang dilaksanakan semalam sebelum hari kemerdekaan Indonesia. UM iCamp 2017 mengadakan bari’an di Kantor Hubungan Internasional Universitas Negeri Malang pada hari Rabu malam, 16 Agustus 2017 mulai pukul 19.00 – 21.30 WIB. Kegiatan ini ditujukan untuk melakukan syukuran atas kemerdekaan Indonesia, sekaligus memperkenalkan budaya bari’an yang ada di Malang kepada 42 orang peserta UM International Camp.

Acara bari’an ini menghadirkan Direktur UM iCamp 2017, Nabhan F. Choiron, S.S., M.A., Direktur Kantor Hubungan Internasional Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A., Kabag Kerjasama dan Humas, Dra. Yuni Aminarti, dan seluruh staff Kantor Hubungan Internasional UM.

Sambutan dari Direktur UM iCamp disambut dengan meriah oleh para peserta International Camp. Beliau memperkenalkan bari’an kepada para peserta. Beliau juga menceritakan sejarah singkat kemerdekaan Indonesia.

UM iCamp 2017 juga mengundang kehadiran Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Hampa Universitas Negeri Malang untuk mengisi di acara bari’an ini. Teater Hampa membawakan musikalisasi puisi tentang kemerdekaan Indonesia.

Seorang peserta dari Algeria menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, karena Indonesia sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Algeria.

Acara bari’an ini dilengkapi dengan pemutaran video-video kemerdekaan Indonesia. Diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, semua peserta dan panitia menyanyikan secara khidmat dengan posisi tangan hormat.

Penulis: Nada Humaida Rohmah & Ridha Rahmawati Laily

en_GBEnglish (UK)
×