Suara Merdu dari Kampus Almamater Biru

Kemarin (29/9) di gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang telah diadakan sebuah event untuk memuaskan hasrat pendengaran para pecinta paduan suara pada “Konser Masterclass Bersama 14 Konduktor dan Nicholas Fink” bersama Paduan Suara Mahasiswa Swara Satata Çakti Universitas Negeri Malang (UM) dan Paduan Suara Universitas Brawijaya (UB).
Masterclass ini sendiri merupakan acara puncak dan sekaligus menjadi penutup Masterclass berbobot selama satu minggu atas undangan dari kerjasama Goethe-Institute dan UM. Acara yang dimulai dengan pembukaan serta sambutan dari Rektor Universitas Negeri Malang dan juga oleh Direktur Regional Goethe-Institute wilayah Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru, Profesor AH. Rofi’uddin dan Bapak Blöemeke, ini mempersembahkan repertoar paduan suara pilihan Jerman dan Inggris karya-karya Schütz, Johan Sebastian Bach, Max Reger, Mahler, dan Elgar.
Konser berdurasi 2 jam ini dipandu oleh Nicholas Fink, seorang Choirmaster terkemuka di Eropa yang sudah banyak memimpin konser ensambel ternama seperti Rundfunkchor Berlin dan Choeur de Radio France. Tak hanya memimpin konser, Nicholas Fink juga merupakan mitra yang diminati oleh dirijen terkemuka seperti Sir Simon Rattle, Marek Janowski, dan Thomas Hengelbrock.
Konser ini menampilkan 17 repertoar yang dibawakan oleh 14 dirijen dan 2 kelompok paduan suara. Para dirijen secara bergantian memandu paduan suara untuk menyanyikan repertoar. Tidak cukup sampai di situ, paduan suara pun berpindah tempat secara berkelompok untuk menyanyikan repertoar tersebut. Pada akhirnya, Nicholas Fink juga ikut menyanyikan salah satu repertoar yang dipersembahkan di gedung Sasana Budaya Universitas Neegeri Malang ini.

Reporter: Shidiq Yusuf Satria
Editor: Faizah Zakiyah

en_GBEnglish (UK)
×