Grand Opening OALS 2019

Malang – Pada hari Selasa (26/8) bertempat di Aula FMIPA Gedung O1 telah diadakan Grand Opening One Asia Lecture Series (OALS) yang kedua kalinya. Kali ini OALS mengusung tema Asian Community: Asian Philosophy,Culture, and Tradition of Peace. OALS merupakan rangkaian kuliah bersama yang diadakan dari hasil kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) dengan One Asia Foundation (OAF). Kegiatan ini diadakan selama bulan Februari – April 2019 di UM dan terdiri dari sembilan kali perkuliahan dengan pemateri yang berbeda-beda yang sesuai dengan backgroundnya. Sebanyak 150 mahasiswa terpilih menjadi peserta OALS. Nantinya peserta terpilih akan berkesempatan untuk mendapatkan scholarship dengan syarat membuat final project sebaik mungkin.

Acara Grand Opening OALS ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan hikmat, dilanjutkan sambutan oleh Direktur Kantor Hubungan Internasional, Evi Eliyanah, S.S, M.A. Sambutan yang kedua disampaikan oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M. Pd sekaligus membuka secara resmi kegiatan OALS 2019 ini. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari WR IV kepada Kuston Sultoni, S. Si selaku pemateri dan sponsor Bank BTN. Kuliah pertama yang disampaikan oleh Kuston Sultoni, S. Si, M. Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia. Beliau menyampaikan kuliah tentang “Education for peace: Sports Science for Character Building”. Menurut pemaparannya, beliau mencontohkan dalam sebuah kompetisi olahraga, ketika bertanding dalam sebuah pertandingan bisa menjadi lawan, tetapi ketika di luar pertandingan harus tetap berteman dan damai. Permusuhan dengan lawan main tidak boleh dibawa di luar arena pertandingan, karena kita harus menjunjung tinggi perdamaian. Pembentukan karakter yang baik dapat dimulai dari hal sekecil mungkin, dari diri kita sendiri. Pak Kuston yang notabene seorang dosen jurusan olahraga di UPI menyampaikan materi dengan santai dan menyenangkan. Antusiasme dari peserta OALS pun dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Banyak sekali peserta yang ingin bertanya, akan tetapi sayangnya karena keterbatasan waktu sehingga pertanyaan diarahkan untuk disampaikan ke panitia untuk nantinya ditanyakan kepada pemateri. Usai menyampaikan materi, Bapak Kuston bersama dengan Program Director OALS, Rani Prita Prabawangi berfoto bersama dengan seluruh peserta OALS.

Kuliah yang kedua disampaikan oleh Kelik Desta Rahmanto, S. Sn, M. Pd, dosen Fakultas Sastra UM. Di presentasinya ini beliau menyampaikan tema tentang “Fostering Culture of Peace Through Arts: Peace Education Through Music”. Beliau menyampaikan bahwa kita memiliki background yang berbeda-beda dari seluruh dunia, namun dengan musik yang dapat dinikmati semua orang, musik dapat digunakan sebagai ajang untuk toleransi dengan sesama manusia. Beliau memberi contoh orang Rusia yang bermain musik di depan tembok Berlin yang runtuh. Bahwa musik di sini jelas sekali dapat digunakan sebagai perdamaian, tidak peduli latar belakangnya seperti apa. Bapak Kelik menyampaikan materi dengan asik dan menarik. QnA session juga berlangsung seru. Setelah penyampaian materi oleh Bapak Kelik, dilanjutkan dengan foto bersama.

Acara Grand Opening OALS ditutup dengan makan siang yang lezat dari Bank Tabungan Negara (BTN) pada pukul 13:00. Semua peserta menikmati hidangan yang disajikan dengan senang.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *