Sosialisasi PPAN Jatim 2018

Kemarin Senin, 19 Maret 2018, Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) datang ke Universitas Negeri Malang (UM) untuk berbagi informasi melalui Sosialisasi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) wilayah Jawa Timur kepada mahasiswa di UM. Didampingi oleh Kantor Hubungan Internasional UM, kedua pembicara dari PCMI sangat antusias memberikan sosialisasi dan pengarahan mengenai kegiatan yang berada dibawah program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga tersebut. Mereka adalah Sakti yang merupakan alumnus UM dan Disha yang merupakan alumnus UB.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa UM tersebut dibuka dengan sambutan dari panitia yang diwakilkan oleh Dr.Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si, M.Sc. selaku tim pengembang HI. Setelah sambutan, kedua pembicara mengawali materi sosialisasi dengan mengajak peserta untuk berfoto ria. “Agar bisa lebih akrab ya,” ujar kak Sakti.

Setelah suasana mencair, mereka mengajak peserta untuk mendaftar “PPAN Jatim on the Spot Registration” dan para peserta pun langsung menunjukkan antusiasme mereka dengan mengeluarkan gadget mereka untuk mendaftar ke link yang telah kak Sakti dan kak Disha siapkan. Materi dan penjelasan mengenai program pun berjalan lancar. Para peserta pun sangat antusias memberikan pertanyaan yang mendetail.

Tidak cukup sampai di situ. Kak Sakti dan kak Disha juga selanjutnya mengadakan seleksi on the spot yang mereka sebut dengan Spark Ticket Session selama 15 menit. Peserta pun kembali heboh beramai-ramai mendaftar agar dapat lolos seleksi berkas yang merupakan seleksi tahap awal dari PCMI. Dari sesi tersebut, pihak PCMI segera mengumumkan 15 orang yang berhasil terpilih untuk ikut wawancara. Ketika acara selesai, kelima belas peserta terpilih akhirnya diberi kesempatan untuk diwawancara lebih lanjut. Setelah proses wawancara yang singkat namun berbobot, dipilihlah tujuh peserta yang berkesempatan lolos seleksi berkas dari PCMI. Berikut nama para peserta yang lolos Spot Ticket Session dan wawancaranya:

Yungga Adityatama Nugroho

Agil Abdurrahim

Nuri Riskan

Yunan Helmi

Zulkifli Zuhdi

Rahadian Dimas

Alfandi Aldin Agustyawan

 

Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, kegiatan seleksi PPAN tahun 2018 ini mengusung tema “Spark” yang secara filosofis dapat diartikan percikan yang dapat menjadi pemicu nyala api di sekitarnya dan dapat membakar semangat para pemuda. Semoga ketujuh peserta yang lolos mampu mengusung tema tersebutketika nanti resmi menjadi agen dari PCMI.

 

Penulis: Faizah Zakiyah