Berbagi Kebudayaan dan Belajar Bahasa Inggris

Jumat, 20 April  2018 - Aleksandra Dolgoarshinnaia (Rusia) dan Ly Phoung Linh (Vietnam). Mereka adalah mahasiswa internasional program darmasiswa RI yang sedang belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia di Universitas Negeri Malang (UM). Dua hari yang lalu mereka menjadi perwakilan mahasiswa internasional Universitas Negeri Malang (UM) untuk mengajar bahasa inggris dan berbagi kebudayaan di Sekolah Dasar (SD) Lab UM.

Mereka berangkat pukul 07.00 WIB bersama salah satu staf Kantor HI menuju SD Lab UM. Ketika sudah tiba di SD, mereka disambut oleh Ibu Kepala Sekolah, Ibu Siti Nafi’ah S.Pd. Saat memasuki ruangan kepala sekolah Ibu Siti mengucapkan, “Saya sangat berterima kasih kepada Elly dan Lina yang menyempatkan waktunya berkunjung ke sekolah kami, mudah-mudahan kedatangan kalian membuat anak-anak kami semakin senang belajar bahasa inggris”.

Setelah itu, mereka diberitahu oleh guru bahasa inggris yaitu Ibu Lita bahwa mereka akan ditempatkan di kelas 1 dan kelas 2, tiap-tiap level mempunyai 3 kelas.

Elly (sapaan akrab Aleksandra) ditempatkan di kelas 2 dan Lina (sapaan Ly Phoung Linh) ditempatkan di kelas 1. Diawal pertemuan kelas, baik Elly dan Lina memperkenalkan diri terlebih dahulu menggunakan bahasa indonesia, dan reaksi anak-anak sangat kaget dan gembira karena mereka tidak menduga bahwa Elly dan Lina sudah lancar berbicara bahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan materi presentasi dengan PPT. Kegiatan tersebut selesai pada pukul 10.30 WIB. “Alhamdulillah kegiatan tadi berjalan lancar, walaupun tadi sempet si Lina kecapekan mengahadapi anak-anak, tapi untungnya dia sabar dan tetap lanjut mengajar, mudah-mudahan kami selalu dibantu oleh Universitas Negeri Malang dalam kegiatan seperti ini, terima kasih juga kepada Kantor HI yang sudah memfasilitasi kegiatan kunjungan mahasiswa Asing ini”. Kata Bu Lita.

Penulis : Achmad Yogi Setiawan

Editor: Aprillia Cahya Pramita