Masak Soto Madura Bersama Mahasiswa Darmasiswa (Program Sains Kuliner Part 2)

Malang – Mahasiswa Program Darmasiswa hari ini (05/07) kembali mengikuti kelas kuliner yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang (UM). Kelas yang kali ini dilakukan di ruang rapat Kantor Hubungan Internasional UM kali ini tentang memasak Soto Madura.

 

Acara yang diawali dengan pengenalan berbagai rempah-rempah sebagai bahan memasak soto ini berjalan dengan sangat lancar. Para mahasiswa menyimak penjelasan mengenai rempah-rempah yang perlu dipersiapkan serta proses pembuatan Soto Madura dengan sangat baik mengingat ini adalah kali pertama mereka belajar memasak soto.

 

Setelah penjelasan yang diiringi dengan petunjuk pembuatan soto melalui video yang diputar, para mahasiswa pun diminta untuk langsung merasakan praktek memasak dan menyajikan Soto Madura. Para mahasiswi seperti Asikin, Fateeha, dan Rosa dengan ditemani ibu-ibu dosen dari FMIPA UM pun dengan obrolan yang asyik dan menyenangkan menyiapkan bahan-bahan yang perlu disajikan di dalam mangkuk soto tadinya. Mereka memulai dengan memotong lontong, ayam kampung, dan telur rebus lalu memasukkannya ke dalam mangkuk. Lalu mereka melanjutkan dengan memasukkan bahan-bahan tambahan lainnya seperti mie bihun, kubis, kecambah, dan bawang goreng.

 

Di lain sisi, Akash disibukkan dengan hal lainnya. Ia sibuk menjadi koki yang menyiapkan kuah soto yang akan dituangkan ke mangkuk nantinya. Dengan dibantu oleh beberapa ibu dosen, ia memasukkan gula, garam, dan bumbu-bumbu lainnya yang siap dijadikan kuah soto. Setelah matang, ia mempersilakan teman-teman yang ada di ruangan untuk mulai mengisi mangkuk mereka dengan kuah sehingga mereka bisa mulai menyantap Soto Madura yang telah mereka persiapkan bersama.

 

Setelah puas makan bersama sambil bercengkerama, Bapak Anugrah Ricky selaku koordinator acara yang diberi judul Sains Kuliner ini meminta teman-teman untuk menyampaikan kesan mereka setelah belajar memasak soto bersama-sama. “Saya merasa sangat senang dan ketika saya pulang ke Thailand nanti saya akan mengajak keluarga dan teman-teman saya untuk memasak soto bersama,” ujar Fateeha, salah seorang mahasiswa Darmasiswa. Tidak lama setelah itu, Akash, mahasiswa lainnya juga nyeletuk, “kalau tidak dapat pekerjaan bisa buka usaha (Soto Madura),” dan semua yang ada di ruangan pun tertawa mendengarnya.

 

Program Sains Kuliner ini merupakan rangkaian program kunjungan belajar berbagai macam kuliner di Indonesia, terutama di Malang. Program ini telah berlangsung sejak seminggu yang lalu (28/06) yang dilakukan di pabrik tempe. Dengan adanya program ini, diharapkan para mahasiswa Darmasiswa dapat mengenal lebih dalam dan lebih dekat dengan kuliner Indonesia dan mampu mengenalkannya ke negara mereka ketika kembali nanti.

 

 

Reporter: Faizah Zakiyah D.