Dow, si Baik Hati dari Program KNB yang Cinta Malang (Liputan Wisuda Sirirawadee Boonyakiat)

Malang – Bersamaan dengan nuansa bahagia di Wisuda ke-92 Universitas Negeri Malang (UM) di Graha Cakrawala kemarin (28/07), ada sosok yang juga sedang berbahagia menerima gelar masternya. Ia adalah Sirirawadee Boonyakiat, seorang penerima beasiswa KNB 2015 dari Thailand. Wanita yang biasa disapa dengan panggilan Dow ini baru saja menerima gelar M.Pd di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia dari Program Pascasarjana melalui Wisuda ke-92 UM.

 

Menurut pengakuannya, ia merasa sangat senang karena telah diberi kesempatan menjadi mahasiswa di UM setelah sebelumnya menjadi mahasiswa Program In-Country yang diselenggarakan di UM dua tahun sebelum dirinya menjadi mahasiswa KNB pada tahun 2015. Pernyataannya tersebut tidak berdasarkan omong kosong belaka. Ia merasa sudah jatuh cinta dengan Malang. Ia menikmati suasana, cuaca, kondisi masyarakat, bahkan variasi makanan yang ada di Malang.

 

Dow yang didampingi oleh ayahnya dan kedua adiknya saat wisuda kemarin juga berbagi pengalaman tentang kuliah di Pascasarjana UM yang berbeda dengan saat ia belajar sebagai mahasiswa In-Country. “Kalau dulu saya hanya belajar bahasa Indonesia dan budayanya. Sekarang saya jadi belajar lebih dalam. Yang lucu adalah harus menerjemah dua kali kalau ada tugas atau kuliah. Inggris-Indonesia, Indonesia-Thailand,” ujuarnya sambil tertawa. “Tapi saya suka. Belajar banyak,” sambungnya.

 

Ketika disinggung mengenai rencana masa depan, Dow dengan bersemangat menjawab masih berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia, khususnya di UM. Ia juga menyebutkan bahwa, jika diberi kesempatan, ia juga ingin mencoba bekerja di Indonesia. Sebelum itu, ia akan kembali ke negaranya untuk beberapa saat sambil mengunggu kesempatan kembali ke Indonesia segera.

 

Saat diminta memberikan pesan untuk teman-teman dari luar negeri yang berkuliah di UM, ia berkata, “Semoga teman-teman tetap semangat terus sampai lulus ya.” Semoga semakin banyak mahasiswa asing yang menikmati dan suka suasana Indonesia terutama Malang seperti Dow, baik secara akademis maupun kehidupan budayanya.

 

Reporter: Faizah Zakiyah D.