Kemeriahan Opening Gala Dinner UM iCamp 2018

Malang – Acara makan malam pembukaan UM iCamp 2018 (Universitas Negeri Malang International Camp 2018) baru saja berlangsung semalam, Jumat 24 Agustus 2018. Acara yang disponsori oleh Bank BTN ini berlangsung sejak pukul 18.00 sampai pukul 22.00 WIB di Graha Cakrawala UM.

 

Acara yang diawali dengan penampilan musikal dari Paduan Suara Mahasiswa Swara Satata Cakti (SSC) ini dihadiri oleh seluruh peserta UM iCamp yang berjumlah sebanyak 60 mahasiswa. Tidak hanya itu, acara pun dihadiri oleh Wakil Rektor I dan IV UM serta wakil dari Pemerintah Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang.

 

Setelah penampilan dari SSC, mahasiswa UM yang belajar di Pusat Bahasa Mandarin (PBM) UM ikut andil menampilkan tarian dari negeri Tiongkok yang bernama Zou Zai Shan Shui Jian Wudao dengan kostum kuning dan merah muda yang cerah namun ciamik. Selanjutnya, panggung diisi dengan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nur Harias. Mereka menampilkan silat-silat dasar yang telah mereka pelajari. Ada yang menarik dari penampilan mereka. Mereka berhasil memecahkan dua tumpuk beton dengan menggunakan kepala dan perut mereka. Penonton yang berada di dalam ruangan pun langsung bersorak bertepuk tangan melihat kemampuan mereka yang tidak umum tersebut. Acara baru resmi dibuka dengan penampilan MC dan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

Bapak Nabhan F. Choiron, S.S, M.A selaku Program Director dari UM iCamp 2018 kembali dipanggil ke panggung untuk memberikan laporan sebagai ketua pelaksana. Sambutan lainnya pun diberikan oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Pemberian sambutan ini diakhiri dengan pemukulan gong sebagai simbol resmi dibukanya acara international summer camp selama 9 hari ini.

 

Yang menarik lagi dari acara ini adalah penampilan busana oleh para peserta UM iCamp. Mereka diminta untuk tampil satu per satu mengenakan pakaian adat dari negara mereka masing-masing. Dengan bangganya mereka berlenggak-lenggok dengan senyum merekah di atas panggung sembari membawa bendera negara mereka masing-masing. Duta Kampus UM pun tidak mau kalah. Mereka juga ikut andil dalam fashion show ini dengan menampilkan pakaian adat dari daerah Jawa, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.

 

Selepas fashion show, kini giliran panitia yang tak mau kalah unjuk diri. Bersama-sama membagikan angklung kepada peserta. Mereka mengajak para peserta untuk ikut bersama memainkan angklung untuk tiga lagu, Bengawan Solo, We are the World, dan Twinkle-Twinkle Little Star. Penampilan berlanjut dengan suguhan tari Saman oleh Tim Nari Katah Warna. Para peserta pun riuh bertepuk tangan melihat para penari yang mampu bergerak dengan cepat dan kompak.

 

Setelah lama duduk dan menikmati penampilan, para penonton pun diajak untuk bergerak dengan melakukan senam Poco-poco dan Maumere. Dengan diinstrukturi oleh Kak Gloria yang merupakan MC acara, semua peserta pun heboh tertawa dengan gerakan senam yang baru mereka lakukan pertama kali. Sebagai penutup yang elegan, Malang Flower Carnival (MFC) juga ikut memeriahkan acara dengan melakukan fashion show mengelilingi dalam gedung Graha Cakrawala. Para peserta pun berebut berfoto dengan kedua kakak-kakak cantik yang menjadi simbol MFC ini.

 

UM iCamp 2018 telah resmi dibuka hari Jumat (24/08) dan akan berlangsung sampai 1 September 2018. Melalui acara ini, diharapkan semakin banyaknya potensi Malang umumnya dan UM khususnya untuk lebih bisa berinteraksi secara internasional kedepannya.

 

 

Reporter: Faizah Zakiyah D.