BELAJAR BATIK MENYENANGKAN UNTUK KELAS INTERNASIONAL UM iCAMP 2018 (part ii)

Malang – Setelah belajar membatik pertama kalinya kemarin (25/8), para peserta UM iCamp 2018 kembali diajak membatik hari ini (26/8). Bertempat di venue yang sama, Pendopo Campsite Dusun Sahabat Alama, Karangploso, Kabupaten Malang, mereka melanjutkan proses membatik yang belum mereka selesaikan kemarin.

 

Hari ini para peserta diajak untuk memberi water glass ke kain Batik Canting yang telah mereka warnai. “Agar warnanya tidak luntur nanti,” ujar Bu Ike selaku pelatih kelas Batik.

 

Sembari menunggu keringnya water glass, para peserta pun diajak mewarnai kain Batik Jumput yang telah mereka bentuk dengan tali di hari sebelumnya. Mereka sangat senang ketika diminta mewarnai kain mereka dengan kreativitas masing-masing. Mereka pun mencampur berbagai warna di kain mereka.

 

Setelah menunggu sekitar 15 menit, akhirnya para peserta bisa mulai me-lurut­ lilin dan water glass yang ada di permukaan kain. Proses ini memakan waktu yang tidak lama karena mereka hanya tinggal mencelupkan kain beberapa kali kedalam air yang mendidih. Selepasnya, mereka sudah dapat menjemur hasil akhir kain Batik Canting dan Batik Jumput karya mereka selama dua kelas batik terakhir.

 

Di pertemuan pertama, para peserta diajak untuk menggambar motif dengan pensil dan lilin membatik. Selain itu, mereka juga belajar mewarnai batik yang telah mereka gambar.

 

Kelas Batik yang dibimbing secara langsung oleh Ibu Ike dilaksanakan selama dua kali dalam program UM iCamp 2018 ini. Melalui kelas ini, diharapkan para peserta dapat mengenal lebih dalam mengenai budaya di Indonesia.

 

 

Reporter: Faizah Zakiyah D.