Kunjungan Edukatif dan Menarik di IHM bersama UM iCamp 2018

Malang – Hari keenam UM iCamp 2018 telah tiba (29/8). Setelah dua hari menikmati hidup bersama penduduk asli Kecamatan Ngantang, para peserta UM iCamp 2018 beralih ke Batu. Dengan menempuh perjalanan selama satu jam, para peserta dengan mengenakan pakaian seragam dari Grab Malang diajak untuk menikmati salah satu tempat wisata edukatif di Kota Batu, yaitu Indonesian Heritage Museum (IHM).

 

Setiba di IHM, para peserta disambut dengan persembahan tarian tradisional oleh para pemandu di IHM. Sebagian peserta dengan antusias mengikuti gerakan tarian tersebut, sebagian lainnya sibuk merekam tarian yang tengah disuguhkan tersebut. Selanjutnya, mereka diminta untuk melakukan registrasi untuk mulai masuk ke dalam IHM.

 

Ketika memasuki ruangan, para peserta disuguhkan dengan sejarah perkembangan manusia Indonesia. Video yang disuguhkan juga sangat menarik dan mudah dipahami. Yang menarik lagi, semua penjelasan yang ada di dalam ruangan dituliskan dalam dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga para pengunjung yang tidak berbahasa Indonesia masih bisa memahami apa yang disampaikan di dalam IHM.

 

Ketika berkeliling, para peserta juga akan disuguhkan replika peninggalan dari kerajaan-kerajaan besar di dunia. Selanjutnya, para peserta juga diajak secara langsung untuk melukis Batik Canting yang telah digambar oleh pihak IHM. Hien Thi Nguyen, salah seorang peserta dari Vietnam, dengan sangat antusias membatik. “Ini untuk saya bawa ke Vietnam,” ujarnya sambil fokus melukis. Tidak cukup sampai disitu, peserta yang kurang tertarik belajar membatik diajak untuk merangkai wayang dari kertas untuk bisa mereka bawa pulang nantinya.

 

Ketika berjalan semakin ke dalam, para peserta akan menemukan berbagai macam contoh topeng yang ada di mancanegara. Di tengah perjalanan keliling IHM, para peserta diajak untuk menari tarian dari Jakarta bersama-sama. Mereka dengan senang hati mengikuti instruksi yang mudah ditirukan di sana.

 

Setelah selesai berkeliling di dalam IHM, para peserta diajak untuk berlanja oleh-oleh khas Malang. Para peserta juga disuguhi jajanan tradisional seperti Getuk Lindri, Nagasari, Klepon, dan Lemper dengan tujuan mengenalkan secara langsung makanan orisinal dari Indonesia. Secara keseluruhan, diharapkan semua peserta yang hadir dari berbagai macam negara dapat mengenal Indonesia lebih dekat dengan menikmati wisata budaya seperti di IHM ini.

 

 

Reporter: Faizah Zakiyah D.