Mengenalkan Indonesia ke Kancah International Melalui UMiCamp 2018

Dengan mengusung tema Broaden Your Vistas, Embark on Cultural Ventures, acara Universitas Negeri Malang international Camp (UM iCamp) yang diselenggarakan oleh Kantor Hubungan Internasional UM tahun ini berhasil diikuti oleh 65 mahasiswa dari 49 negara di seluruh dunia. Hal ini akhirnya menjadi sorotan berbagai macam pihak yang tertarik untuk memberikan dukungannya, seperti Bank BTN, Bank BNI, Bank BRI, Bank Banten, Bank BTPN, Bank Mandiri, Bank Jatim, Grab, Ubud Hotel, Jawa Timur Park Group, Indonesian Heritage Museum, Dusun Sahabat Alam (DSA), Malang Strudel, Number 9, dan SUN Education Group.


Berbeda dari Universitas Negeri Malang international Camp (UM iCamp) sebelumnya, kali ini welcoming session dilaksanakan di gedung baru kebanggaan UM, yakni di Graha Rektorat lantai 1. Sesi ini bertujuan untuk saling berkenalan antar peserta dan memperkenalan mereka dengan Liaison Officer (LO) masing-masing. Ruangan menjadi ramai dengan hal-hal lucu yang dilakukan oleh para peserta dan panitia, seperti sulitnya mengucapkan nama peserta dari negara lain yang kurang familiar dan sebaliknya.

Acara welcoming session diawali dengan sambutan dari direktur program, Nabhan F. Choiron, yang memberikan penjelasan singkat tentang UM iCamp dan harapan diadakannya UM iCamp. Setelah istirahat sholat Jumat, para peserta mengikuti sesi bertajuk About Indonesia yang berfokus pada informasi-informasi tentang Indonesia, seperti makna bendera Indonesia, simbol negara, pakaian adat, dan alat musik tradisional. Materi ini disampaikan oleh Rahmi Utami Imas Dwi Puspita, salah satu panitia UM iCamp tahun lalu yang merupakan alumnus Universitas Negeri Malang di jurusan Sastra Inggris. Dia berhasil menarik perhatian para peserta dengan mengemas materi melalui permainan-permainan seru. Selain itu, semua peserta juga diberi kesempatan untuk turut berpartisipasi dalam materi. Salah satunya adalah memperkenalkan diri dalam Bahasa Indonesia dan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sebelum para peserta diantar ke hotel untuk persiapan menghadiri Opening Ceremony & Gala Dinner UM iCamp 2018, mereka mengikuti sesi Campus Tour di mana mereka berjalan-jalan di sekitar kampus UM. Di setiap fakultas terdapat mahasiswa-mahasiswa UM yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang memberikan deskripsi tentang apa yang mereka pelajari di fakultas tersebut. Sesi ini menjadi sebuah ajang promosi untuk memperkenalkan UM ke kancah internasional.

Rangkaian acara siang hari ditutup dengan melepaskan balon merah-putih di depan Gedung Graha Rektorat. Para peserta terlihat senang dan sangat antusias karena merasa sangat di terima di acara UM iCamp 2018. Seperti yang diungkapkan salah satu peserta, Pouja Tejwani dari India, “Di sini semua orang sangat ramah. Mereka menerima kami dengan sangat baik. Saya tidak sabar untuk belajar tentang budaya Indonesia selama 9 hari ke depan.”

Reporter: Lilis Nur H