PELAJAR BAHASA MELAYU MAGANG DI INDONESIA, ERATKAN HUBUNGAN UM - YRU

PELAJAR BAHASA MELAYU MAGANG DI INDONESIA, ERATKAN HUBUNGAN UM - YRU

Universitas Negeri Malang telah menerima kedatangan sembilan orang mahasiswa magang dari Thailand pada 18 Agustus 2016. Kesembilan orang mahasiswa tersebut merupakan pelajar Bahasa Melayu di Yala Rajabhat University dan akan mendapat pembekalan Bahasa Indonesia selama satu minggu di Universitas Negeri Malang sebelum akhirnya magang. Program magang tersebut akan berlangsung sejak 5 September hingga 4 November 2016. Selain program magang, para mahasiswa tersebut juga direncanakan akan mengikuti agenda UM iCAMP 2016 di Universitas Negeri Malang.

"Bahasa Indonesia berbeza dengan Bahasa Malay," (Bahasa Indonesia berbeda dengan Bahasa Melayu *red) tutur salah satu mahasiswa menggunakan dialek Melayu.

"Kami tak paham cakap apa kalau cepat tu," (Kami tidak paham berbicara apa kalau terlalu cepat *red.) tutur mahasiswa lainnya.

Perbedaan antara kedua bahasa memang menjadi kendala pemahaman antara mahasiswa tersebut dan penutur Bahasa Indonesia. Namun diharapkan seluruh mahasiswa tersebut mendapat output berupa kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik lantaran perbedaan yang tidak terlampau jauh antara kedua bahasa tersebut.

Hubungan baik antara kedua negara telah dimulai sejak tahun 2015 dan para mahasiswa ini merupakan mahasiswa magang Yala Rajabhat University gelombang III. Diharapkan dengan adanya program magang di Universitas Negeri Malang, maka hubungan baik antara Universitas Negeri Malang dan Yala Rajabhat University dapat semakin baik di tahun-tahun setelahnya.