42 Negara ikuti UM iCamp 2017

MALANG - Setelah sukses dalam penyelenggaraan UM International Camp tahun 2016, Kantor Hubungan Internasional UM kembali menyelenggarakan UM International Camp  tahun kedua. Pembukaan kegiatan yang diikuti oleh 49 orang mahasiswa internasional dari 42 negara ini dilaksanakan pada Jumat, 11 Agustus 2017 bertempat di Graha cakrawala UM mulai pukul 18.00 - 22.00 WIB

Acara yang berlangsung cukup meriah ini dihadiri oleh sekitar 350 undangan yang terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa LPDP, mahasiswa kelas kerjasama Kabupaten Kayong Utara, para media partner, Bank mitra, dan beberapa pejabat UM.

Direktur UM iCamp 2017, Nabhan F. Choiron, S.S., M.A., dalam sambutannya menyampaikan sejak dibukanya pendaftaran UM iCamp pada bulan juni 2017, antusiasme pendaftar sangatlah besar.

"Sejak dibukanya pendaftaran ada banyak peserta dari berbagai negara yang mengajukan aplikasinya untuk dapat mengikuti kegiatan ini. Hanya dalam waktu sebulan sejak dibukanya pendaftaran, aplikasi peserta telah mencapai 1.000 pengajuan. Dengan banyaknya aplikasi yang diajukan dan terbatasnya kuota kami mengadakan seleksi, diimana akhiurnya diikuti oleh 49 orang peserta dari 42 Negara,"ujarnya.

Sementara itu Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd. yang membuka kegiatan dengan ditandai tiga kali pukulan gong, menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama, baik internal maupun eksternal, demi terlaksanakannya program UM iCamp ini.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini. Secara khusus saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Kantor Hubungan Internasional UM, Direktur UM iCamp, Ibu Yuni dan Ibu Sugiharti dari Unit Kerjasama UM, Bapak Yazid selaku Direktur Kantor HI UM dan seluruh staf Kantor HI UM, serta para interns dan volunteer yang selalu bersemangat dan bersinergi dalam ikut mensukseskan program UM iCamp ini,"terangnya.

Ucapan terima kasih juga saya tujukan kepada Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Walikota Batu, dan seluruh sponsorship: Bank BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Jatim Batu, Bank CIMB Niaga Syari'ah, Bank BRI, Bank Banten, Bank BTPN, PT. Djarum Foundation, PT Telkom Surabaya & Malang, Hotel Radho Syari'ah, Hotel Ubud Malang, Museum D'Topeng Kingdom Batu, Garuda Indonesia, PT. Peti Kemas Surabaya, Sun Education Group, Baboon T-Shirt, dan Dea Kaos.

"Tidak lupa juga untuk seluruh pengisi acara, yaitu Paguyuban Duta Kampus Universitas Negeri Malang, mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin, Mahasiswa Kayong Utara Kalbar, Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Pencak Silat Nur Harias, Sanggar Tari dan Karawitan Asri Kusuma, Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang, dan Bank BNI sebagai sponsor utama dalam acara Gala Dinner malam ini,"tambahnya.

Lebih lanjut Dosen Bahasa Indonesia FS UM ini mengharapkan UM iCamp dapat berjalan dengan baik dan lancar. Mendatang saya berharap kuota peserta UM iCamp dapat bertambah banyak, sehingga makin banyak pula kesempatan mahasiswa internasional yang dapat mengenal budaya dan kehidupan Indonesia, khususnya Jawa Timur dan Malang Raya.

 

 

Penulis: Nada Humaida Rohmah