Workshop Udeng UM iCamp 2017

ota Wisata Batu-Keseruan perserta UM iCamp juga tampak dalam Workshop Udeng, yang dibawakan oleh Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si.

Workshop yang dilaksanakan  di campsite Kampung Wisata Tani, Kelurahan Temas, Kota Wisata Batu ini diawali dengan cerita tentang sejarah tentang udeng.

"Udeng merupakan ikat kepala yang menunjukkan identitas setiap orang yang memakainya. Setiap daerah, udeng memiliki bentuk yang berbeda," jelas Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si. mengawali workshop.

Udeng yang dicontohkan kepada peserta adalah Udheng Kemplangan. Udheng Kemplangan adalah udheng yang terinspirasi dari gunung Semeru yang biasa dipakai oleh prajurit Jawa. Selanjutnya  para peserta dibimbing untuk berlatih memakai udheng.

Irene Rwabundadi, peserta dari Rwanda, mengatakan bahwa di negaranya memiliki ikat kepala yang mirip dengan udheng,namanya Gutega Igitambaro.  Lebih lanjut Irine menjelaskan bahwa hanya para wanita Rwanda lah yang menggunakan Gutega Igitambaro. Mereka menggunakan Gutega Igitambaro hanya untuk beberapa acara tertentu, misalnya disaat mereka pergi ke gereja atau ke pernikahaan.

Workshop udheng ditutup dengan pemberian kenang-kenagan kain udheng kepada setiap pesera.

 

Penulis: Ridha Rahmawati Laily