Ribuan Warga Desa Purwodadi Sambut Kedatangan Peserta UM iCamp 2017

Malang. Warga Desa Wisata Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo berduyun-duyun menyambut kedatangan rombongan peserta UM iCamp, Selasa malam, 15 Aguatus 2017. Ribuan warga menyemut memadati halaman dan pendopo Balai Desa Purwodadi. Di sekeliling balai desa pun juga terlihat ramai, karena banyak warga yang membuka lapak guna menjajakan aneka jajanan ,cemilan, hingga makanan khas desa. Pengurus desa seakan tak ingin kehilangan momen saat desa wisatanya disinggahi wisatawan mancanegara dari 42 negara. Selain membuka pasar malam, warga juga menyambut dengan melakukan pertunjukan seni bela diri pencak silat yang memukau peserta UM icamp.

 

Diiringi musik gamelan, para peserta International Camp begitu menikmati alunan musik gamelan yang dibawakan untuk menyambut kedatangan mereka. Nampak sibuk  peserta mengabadikan pertunjukan tersebut, baik dalam bentuk video maupun foto.

 

Kedatangan peserta UM iCamp ke Desa Wisata Purwodadi ini memang telah diagendakan sebelumnya oleh Disbudpar Kabupaten Malang. Masih dalam satu rangkaian kegiatan promosi wisata potensi Malang Selatan ke dunia internasional, setelah kunjungan  peserta UM iCamp ke pantai lenggoksono.

 

Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara, S.H., M.Si, Menyampaikan bahwa Disbudpar bekerjasama dengan masyarakat dan akademisi UM berusaha untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi wisata Malang selatan kepada dunia Internasional.

 

"Kami memiliki 156 wisata di seluruh wilayah Kab.Malang. Pantai Lenggoksono dan Banyu Anjlok ini merupakan salah satu potensi wisata yang sangat baik untuk dikenalkan kepada wisatawan mancanegara," jelasnya.

 

Lebih lanjut, Made Arya Wedanthara, S.H., M.S menuturkan bahwa masyarakat Desa Purwodadi  juga antusias mendukung seluruh program-program wisata Kabupaten Malang. Dalam waktu mendatang diharapkan desa wisata ini dapat semakin berkembang lebih baik agar dapat memajukan perekonomian desa dan warganya.

 

"Dengan berkunjungnya para peserta UM iCamp ke daerah Lenggoksono ini sudah membantu dalam mengembangkan potensi wisatanya," pungkas beliau.

 

Sementara itu Bupati Malang, yang diwakili oleh Skretaris Daerah Kab. Malang Ir. Didik Muljono, MT., mengucapkan selamat datang kepada para peserta UM International Camp 2017 yang telah berkunjung di kabupaten Malang.

 

"Destinasti wisata yang saudara kunjungi ini, baru sebagian kecil. Kami masih mempunyai ratusan destinasi wisata lainnya. Silakan saudara nanti datang kembali, kami akan memperkenalkannya untuk saudara," kata sambut Ir. Didik Muljono, MT., yang diiringi applouse oleh para peserta dan hadirin malam itu.

 

"Selain itu,  kami mempunyai tagline untuk pariwisatakami,  Kabupaten Malang, the heart of East Java," tambah Ir. Didik Muljono, MT., sambil melingkarkan dua tangan didepan dadanya.

 

Diakhir sambutanya Skretaris Daerah Kab. Malang  menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para peserta UM iCamp 2017.

 

"Kami berterima kasih banyak atas kerjasama yang baik dari masyarakat Desa Purwodadi, dan Universitas Negeri Malang yang telah memperkenalkan potensi wisata Pantai Lenggoksono, dan Banyu Anjlok kepada perwakilan 42 negara yang hadir malam ini. Kami berharap kerjasama ini semakin baik dan semakin banyak pula wisatawan mancanegara yang dapat mengenal wisata di Kabupaten Malang," pungkasnya.

 

Penulis : Kautsar Saleksa