Latar Belakang

Center for Indonesian Studies (CIS) BIPA di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (Universitas Negeri Malang), dalam pendekatan pengajaran bahasa Indonesia kepada orang asing, bertujuan untuk menumbuhkan keseimbangan kompetensi berbicara dan menulis baik dalam bahasa Indonesia formal maupun bahasa sehari-hari. Varian formal penting untuk membaca atau bertukar pikiran dengan pejabat dan orang terpelajar pada umumnya. Bahasa Indonesia sehari-hari yang ditawarkan dalam pelajaran dipahami oleh sebagian besar penutur bahasa tersebut meskipun variannya berbeda.

Penekanan selama beberapa minggu pertama pengajaran adalah pada pembelajaran lisan. Sedapat mungkin bahasa Indonesia merupakan bahasa eksklusif di dalam kelas. Pendekatan komunikatif dan terintegrasi ini dimulai dengan setiap pertukaran situasi kehidupan nyata yang ditemui siswa di jalan, toko, kantor, dan di bus atau kereta api, dan tidak kalah pentingnya di rumah Indonesia tempat mereka tinggal. Siswa secara individu dibimbing oleh tutor sebaya untuk aktifkan pembelajaran di kelas dalam situasi kehidupan. Latihan tata bahasa, membaca, dan kosakata dilakukan sejak dini, hanya setelah siswa memiliki kapasitas untuk terlibat secara aktif di Indonesia.

Jenis Program

CIS-BIPA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menawarkan lima mata kuliah yaitu mata kuliah regular program kolaboratif, mata kuliah regular non program kolaboratif, mata kuliah non regular, mata kuliah pilihan seni prakrtis, dan mata kuliah pengajar bahasa Indonesia sebagai mata kuliah. bahasa asing.

Kursus reguler dari program kolaboratif adalah kursus yang dijalankan oleh CIS-BIPA bekerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri, seperti COTI (The Consortium of Teaching Indonesian) dan CSC (Council Study Center) JSA.

Mata kuliah reguler program non-kolaboratif adalah mata kuliah budaya dan bahasa Indonesia yang diprakarsai dan secara rutin ditawarkan oleh CIS-BIPA. Kursus ini ditujukan bagi individu yang ingin menguasai bahasa Indonesia dasar, meningkatkan dan memperluas penguasaan bahasa, belajar bahasa Indonesia atau melanjutkan studi yang berkaitan dengan bahasa dan budaya Indonesia. Selain itu, mereka dijalankan untuk memenuhi kebutuhan individu atau khusus mereka yang ingin melanjutkan studi di Indonesia atau untuk melakukan penelitian atau bisnis, dan mereka yang memiliki tujuan lain.

Mata kuliah Non Reguler adalah mata kuliah budaya dan bahasa Indonesia yang diselenggarakan setiap saat sesuai permintaan, tanpa memperhatikan jumlah peserta dan lama studi, serta teknik pembelajarannya. Kursus ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berspesialisasi dalam bidang tertentu.

Mata kuliah seni praktik adalah mata kuliah yang menitikberatkan pada praktik dan pelatihan penguasaan suatu bentuk seni tertentu.

Kursus bagi guru bahasa Indonesia sebagai bahasa asing ini dirancang bagi mereka yang berminat menjadi guru bahasa Indonesia bagi yang berminat menjadi guru bahasa Indonesia bagi non penutur asli. Kursus ini untuk memberikan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan bagi seorang guru yang ingin melanjutkan karirnya dalam mengajar bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

Kursus Reguler

Kursus reguler (program kolaboratif dan non-kolaboratif) dilaksanakan tiga kali dalam setahun, dilakukan sebagai kursus kredit atau non-kredit. Minimal tiga peserta untuk satu angkatan diharuskan menjalankan kursus reguler. Kursus diberikan selama 5 hari seminggu, dan 4-6 jam sehari (dalam total 250 jam kontak).

  1. Term 1 pertengahan Februari akhir Mei
  2. Term 2 awal Juni akhir Agustus
  3. Term 3 awal September pertengahan Desember

Biaya: US$2000 / term / peserta

Kursus Non-reguler

Kursus non-reguler dijalankan kapan saja sesuai permintaan, berapa pun jumlah pesertanya. Kursus diberikan selama 4 hari seminggu, 4-6 jam sehari. Minimal dua siswa untuk satu. Biaya untuk setiap peserta:

  1. Program satu minggu US$ 300
  2. Program dua minggu US$ 600
  3. Program tiga minggu US$ 900
  4. Program satu bulan US$ 1.100

Bagaimana proses pembelajaran dilakukan?

Proses pembelajaran dilakukan melalui kelas formal, tutor, studi lapangan, dan kelas remedial. Melalui teknik-teknik tersebut, kegiatan pembelajaran diarahkan pada (1) pemahaman dasar bahasa Indonesia, (2) penggunaan bahasa Indonesia secara aktif, (3) mengembangkan kefasihan berbahasa Indonesia, dan (4) menggunakan bahasa Indonesia dalam situasi nyata.

  1. Keterampilan berbahasa Indonesia dikembangkan melalui kegiatan yang menekankan pada praktik dan pelatihan penggunaan bahasa tersebut
  2. Topik pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan keahlian peserta
  3. Struktur Indonesia disajikan dalam konteks untuk membangun kelancaran dan akurasi
  4. Pembelajaran budaya Indonesia dilakukan melalui ceramah dan praktek di kehidupan nyata

Kursus Seni Praktis Pilihan

Ini adalah kursus non-reguler tentang seni praktiokal. Semua kursus diajarkan dalam bahasa Indonesia oleh spesialis di daerah tertentu atau seniman pekerja lokal. Kursus seni praktis dijalankan kapan saja sesuai permintaan, berapa pun jumlah pesertanya. Untuk membuka kelas akan membutuhkan minimal tiga siswa. Kursus diberikan selama 5 hari seminggu, 4 jam sehari. Beberapa pekerjaan diharapkan di rumah, dan siswa sering kali harus membeli alat mereka sendiri untuk bekerja sendiri, harga alat dapat dinegosiasikan dengan instruktur. Kursus ditawarkan di bidang:

  1. Tarian Indonesia (kebanyakan tarian Jawa dan Bali)
  2. Ukiran kayu
  3. Gamelan (musik Jawa)
  4. Batik
  5. Wayang kulit (siswa tidak dilatih menjadi dalang, tetapi diajarkan teknik membuat wayang)

Gratis untuk setiap peserta:

  1. Program satu minggu USD 300
  2. Program dua minggu USD 600
  3. Program tiga minggu USD 900
  4. Program satu bulan USD 1.100

Staf pengajar

Staf pengajar terdiri dari guru, tutor dan ahli studi bahasa Indonesia. Para pengajarnya kompeten dan berkualitas, memiliki keterampilan dan pengalaman yang terjamin dalam mengajar bahasa Indonesia kepada penutur bahasa lain. Tutor disesuaikan dengan peserta, hobi, minat, usia dan ekspektasi mengikuti kursus.

Kota Malang

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur baik dari segi wilayah maupun lokasinya. Ini adalah kota pedalaman yang terencana dengan baik, terletak di tempat pertemuan dua kelompok gunung berapi. Memiliki iklim yang menyenangkan dengan kisaran suhu 20oC - 29oC. Kota keragaman yang menarik dalam kesempatan pendidikan yang kaya akan warisan sejarah dan budaya yang menyenangkan untuk hidup dan belajar.

Perawatan dan Makanan

CIS-BIPA akan membantu peserta menemukan kesempatan untuk hidup berkeluarga untuk meningkatkan kefasihan dan kompetensi serta secara pribadi mengalami kehidupan dalam keluarga Indonesia. Biayanya bervariasi dari US$ 100 hingga US$ 200, termasuk waktu makan sehari dan layanan laundry.

Fasilitas

Peserta akan mendapatkan akses penuh ke fasilitas Universitas Negeri Malang. Ini termasuk perpustakaan, ruang sumber daya, fasilitas, pusat komputer, dll ./p>

Program

Selain program di atas, CIS-BIPA juga memiliki layanan berbeda yang ditawarkan kepada mahasiswa peneliti internasional. Ini adalah:

  • Mendaftarkan Siswa Internasional

    Universitas Negeri Malang juga terbuka untuk Internasional untuk mengambil gelar sebagai mahasiswa reguler Universitas Negeri Malang. Pendaftaran dibuka dua kali setahun. Tes masuk akan diadakan pada tanggal 20 Januari dan Agustus setiap tahun. Untuk mengambil kelas, siswa harus memiliki bahasa Indonesia. Oleh karena itu, mahasiswa diharuskan mengikuti satu semester penuh mata kuliah intensif bahasa Indonesia. Untuk ketersediaan, lihat web kami.

  • Bantuan Peneliti Asing

    Kami memiliki sejumlah dosen, mahasiswa, dan lulusan universitas yang tersedia untuk bekerja dengan atau membantu peneliti asing untuk melakukan proyek mereka di Indonesia.
    Biaya: kontrak bulanan, tergantung jenis proyek dan jarak.

  • Bantuan untuk Proyek Pengalaman Lapangan

    CIS-BIPA juga dapat membantu mahasiswa asing untuk menjalankan proyek pengalaman lapangan mereka di Indonesia. Pembimbing dari CIS-BIPA akan memandu untuk memilih tempat dan hal-hal lain yang berkaitan dengan materi pelajaran dan bantuan tenaga ahli Indonesia.
    Biaya: kontrak bulanan, tergantung jenis proyek dan jarak.

  • Mensponsori Peneliti dan Mahasiswa Internasional

    CIS-BIPA dapat bertindak sebagai mitra atau sponsor tuan rumah bagi mahasiswa dan peneliti internasional yang merupakan proyek penelitian di Indonesia. Layanan ini difokuskan pada pengerjaan kertas saja.
    Biaya: US$100

Bagaimana Cara Bergabung dengan Program?

Kirimkan saja informasi lengkap identitas Anda kepada kami dan beri tahu kapan Anda akan tiba di Malang. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk akomodasi Anda, kami akan dengan senang hati menjemput Anda di Bandara Juanda Surabaya.

Saat ini CIS-BIPA sedang mempersiapkan perluasan unit-unit yang bertanggung jawab untuk meningkatkan Kebudayaan Jawa Timur di bidang (1) seni tari, (2) sejarah, (3) cerita rakyat, dan (4) seni kerajinan.

Beasiswa Bahasa Kritis (CLS)

Beasiswa Bahasa Kritis merupakan program kerjasama Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dengan Jurusan Luar Negeri Amerika Serikat. Tujuan dari program ini adalah untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia bersama dengan pertukaran budaya antara dua bangsa. Ada 29 peserta dari Amerika Serikat yang mengikuti program hari ini.

Daftar nama

TIDAK NAMA
1 Alexander Allen McQuide
2 Andrea Louise Decker
3 Andrew Foskett
4 Anne G Oros
5 Benjamin Joshua Nathan
6 Connor August Hunt
7 Daniel Guillermo Schneider
8 Daniel Martin Finlay
9 Dina FadiahSyarief
10 Erica Nicole Skadsen
11 Florence Woods Durney
12 Gregory Michael Kramer
13 Jared Michael Koller
14 Julia Laure Uyttewaal
15 Kaitlin Marie O'neil
16 Kathryn Irene Williams
17 Katie Whitcombe
18 Kelly Alexa Heber
19 Lindsay DanaeLittel
20 Lisa Cailin Kelley
21 Mary Elizabeth Barnes
22 Matthew Lalor
23 Michael Paul Oman-Reagan
24 OsamahMahmoodHasan
25 Ryan Adam Walker
26 Samantha Rose Whalen
27 Sarahann Yung-An Yeh
28 Talor Leah Smith
29 Tiffanesha Irene Williams

FAKULTAS SURAT

UNIVERSITAS NEGARA MALANG

Jl. Surabaya 6 Malang 65145 Jawa Timur Indonesia

Telepon: +62 (341) 551312 Ext. 487, 238.

Faks: +62 (341) 580311

Email: cis_bipa@yahoo.com

id_IDBahasa Indonesia