Project Based Learning 2019 (Hari Kelima)

Malang – Kegiatan Project Based Learning 2019 yang merupakan hari kelima, Jumat, 19 Juli 2019, bertempat di Dusun Sidorejo, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Setelah sarapan, peserta memulai rangkaian kegiatan yang pertama yaitu mengikuti Focus Group Discussion (FGD) dengan tokoh masyarakat di Dusun Sidorejo ini. Mereka adalah Bapak Rahmat dan Bapak Miut. Beliau menjelaskan tentang keadaan keluarga penduduk desa yang bekerja di luar negeri, mulai dari permasalahan anak yang ditelantarkan oleh orang tuanya karena orang tuanya harus bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia), kondisi ekonomi keluarga yang ditinggalkan bekerja ke luar negeri, hingga perceraian yang sering terjadi dalam keluarga imigran (orang yang bekerja di luar negeri). Para peserta diperkenankan bertanya tentang informasi yang ingin diketahui tentang permasalahan-permasalahan tersebut pada sesi tanya jawab.

Focus Group Discussion pertama diakhiri pada pukul 11.00 pagi, kemudian dilanjutkan dengan istirahat dan makan siang. Kegiatan Focus Group Discussion kedua dimulai pada pukul 13.30 siang, dengan pembicara yaitu salah satu pengurus Sekolah Peduli dan perwakilan dari Lembaga Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3TP2A). Diskusi berjalan dengan baik dan lancar karena para peserta aktif bertanya dan menggali informasi tentang peran Sekolah Peduli dan LP3TP2A, serta solusi permasalahan yang berkaitan dengan anak-anak pekerja migran yang ditinggalkan orang tuanya bekerja di luar negeri. Setelah FGD selesai, tiap kelompok diperbolehkan untuk berkeliling di sekitar dusun untuk mencari informasi lebih tekait kondisi kampung pekerja imigran ini dengan mewawancarai narasumber-narasumber dari warga desa ini sendiri.

Kegiatan selanjutnya yaitu observasi di Taman Pendidikan Al-Quran yang berada di desa ini. Para peserta sangat bersemangat ketika mengikuti kegiatan ini. Mereka membantu dan mengajar anak-anak untuk memahami bahasa Inggris. Begitu juga dengan anak-anak, mereka juga sangat senang kedatangan peserta PBL 2019 ini yang memberikan pengetahuan tambahan bagi mereka. Kegiatan hari ini diakhiri dengan makan malam dan senam rutin yang dilaksanakan setiap hari di desa ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *