MCUT Summer Camp 2024

MoU Signing

Wednesday, 24 April 2024

MALANG – Workshop kedua untuk para dosen Universitas Negeri Malang yang berencana melanjutkan pendidikan doktoral di luar negeri telah berhasil diselenggarakan pada tanggal 18 Desember 2019 lalu di Aula B2 Graha Rektorat UM. Acara dimulai pada pukul 8 pagi dan diawali dengan sambutan dari Ibu Evi Eliyanah selaku direktur Hubungan Internasional UM.

Dalam workshop kedua kali ini, para dosen mendapat kesempatan untuk mendengarkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai jalur beasiswa, baik yang dikelola oleh Lembaga dalam maupun luar negeri, yang disediakan untuk para calon penerima pendidikan doktoral. Penjelasan ini bertujuan agar para dosen UM memahami sifat-sifat beasiswa yang tentunya berbeda-beda. Sesi pertama disampaikan oleh Ibu Utami Widiati, dosen Fakultas Sastra UM, yang sejak tahun 2016 silam berperan sebagai pewawancara dalam beasiswa LPDP. Beliau memberikan beberapa informasi mengenai model wawancara dalam beasiswa LPDP dan beberapa saran yang mungkin dapat diterapkan selama wawancara. Setelah itu, ada berbagai penjelasan mengenai berbagai beasiswa dari berbagai narasumber, seperti: Ibu Astri Anindya Sari (Australian Awards Scholarship), Bapak M. Muchson (Fulbright Scholarship), Bapak Husni (Monbugakusho/MEXT Scholarship), Ibu Ani Wilujeng (Beasiswa Dikti/BUDI LN), dan Bapak Nandang (beasiswa di universitas). Selain menerima informasi mengenai berbagai macam beasiswa, para dosen yang hadir juga menerima bimbingan dari para pendamping kelompoknya dalam menyusun proposal untuk diajukan kepada lembaga pemberi beasiswa.

Acara workshop ditutup pada pukul 16.15 oleh Prof. Dr. Heri Suwigno, M.Pd selaku, Wakil Rektor II UM. Beliau berharap agar dengan adanya workshop pembinaan ini, UM mampu memunculkan potensi-potensi para tenaga pendidik dan memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

en_GBEnglish (UK)
×