Pembekalan Program Erasmus+ International Credit Mobility Linnaeus University, Sweden

Malang – Mohammad Ridwan Naufal A dan Dimas Raditya Bagaskara, mahasiswa jurusan Sastra Inggris, berhasil mendapatkan beasiswa pertukaran pelajardan transfer kredit (SKS) di Linnaeus University melalui program Erasmus+ ICM. Keduanya akan belajar dan tinggal di Swedia selama satu semester ke depan (empat bulan). Sebelum berangkat ke Swedia, Universitas Negeri Malang memberikan pembekalan singkat kepada para mahasiswa yang didampingi oleh orang tuanya.

Pembekalan keberangkatan diadakan pada hari Selasa (14/1) pukul 08.30. Pada pembekalan singkat ini, para mahasiswa mendapat nasihat dari Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si (Wakil Rektor I), Ibu Evi Eliyanah, S.S., M.A (Direktur Hubungan Internasional UM), dan Dr. Suharyadi, S.Pd., M.Pd. Ibu Evi selaku direktur HI menjelaskan bahwa dua tahun lalu (2018) Universitas Negeri Malang telah memenangkan Grand Erasmus+. Kemenangan ini membuka kesempatan bagi mahasiswa UM untuk belajar di luar negeri, terutama di Swedia.

Menurut Pak Suharyadi, secara akademik dan administrasi kedua mahasiswa ini sudah dipersiapkan dengan baik untuk melakukan pembelajaran di Universitas Linnaeus. Hanya saja, beliau berpesan supaya keduanya tetap menjaga kesehatan karena perubahan suhu ektrim yang akan mereka rasakan di Swedia. Beliau juga mengaku bangga sebab jumlah dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa Sastra Inggris yang melakukan pembelajaran di luar negeri sudah melampaui target indikator.

Wakil Rektor I mengucapkan selamat kepada Ridwan dan Dimas yang berhasil mendapatkan kesempatan ini. “Selamat Saudara bisa mendapat kesempatan internasional yang luar biasa,” kata Pak Budi. Beliau meminta agar keduanya berjuang keras selama proses pembelajaran dan menghadapi tantangan selama hidup di Swedia. Menanggappi pesan dari Pak Budi, Bu Evi menambahkan bahwa lingkungan pembelajaran di Eropa benar-benar berbeda dengan Indonesia. Sering membaca buku adalah hal penting yang perlu dilakukan agar Ridwan dan Dimas mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

Acara pembekalan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cinderamata berupa syal UM kepada Ridwan dan Dimas. 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *