Indonesian Day: Cooking is Easy

Kantor Hubungan Internasional UM telah berhasil mengadakan acara Indonesian Day pada tanggal 20 Februari 2020. “Cooking is Easy” dipilih menjadi tema acara ini dengan tujuan agar para mahasiswa internasional dapat mengenal lebih dalam mengenai jajanan tradisional Indonesia, bukan hanya rasa tetapi juga cara membuatnya. Acara ini dihadiri oleh 36 mahasiswa internasional. Mereka semua mencoba memasak jajanan tradisional Indonesia, seperti pisang goreng, pisang cokelat, dan lumpia.

Acara dimulai pada pukul 15.30 dengan presentasi mengenai penjelasan makanan yang akan dibuat. Setelah itu, para mahasiswa bergabung dengan kelompok mereka masing-masing didampingi dengan LO. Kelompok-kelompok baru yang telah dibuat ini membuat mereka menjadi lebih dekat satu sama lain dan mempunyai teman baru. Di kelompok-kelompok tersebut, mereka mulai memasak. Kali ini, waktu memasak dibuat sedikit berbeda. Setiap kali para mahasiswa mendengar lagu dangdut, mereka harus berhenti memasak dan menari bersama dengan lagu tersebut. Mereka sangat bersemangat mendengar aturan ini, sebab banyak sekali dari mereka yang menyukai lagu-lagu dangdut. Proses memasak makanan Indonesia terasa sangat menyenangkan bagi mereka. 

Sembari menunggu jajanan tersebut digoreng, aktivitas dilanjutkan dengan pembahasan mengenai angsle, minuman tradisional khas Jawa Timur. Para mahasiswa belajar dan mengenal komposisi angsle yang terdiri dari roti, ketan putih, dan agar-agar yang disiram dengan kuah santan. Mereka semua terlihat penasaran dan tertarik mencoba rasa baru yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Mereka juga menikmati jajanan yang telah digoreng dan menyanyi bersama. 

Acara Indonesian Day ini ditutup pada pukul 5 sore. Sebelum kembali ke asrama dan tempat tinggal masing-masing, mereka berfoto bersama terlebih dahulu sebagai kenang-kenangan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *