Mahasiswa Internasional Universitas Negeri Malang (UM) Sukses Selesaikan Ujian Tesis Online di KJRI Songkhla

Songkhla – Salah satu mahasiswa internasional Universitas Negeri Malang (UM) bernama Dareeya al Singora berhasil menyelasikan ujian thesis secara online dengan didampingi Konsul Republik Indonesia, Bapak Fachri Sulaiman dan beberapa staf di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Songkhla. Mahasiswa yang merupakan warga negara Thailand ini menempuh S1 Bahasa dan Sastra Inggris di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra.  Selama menjadi mahasiswa, Dareeya juga bekerja sebagai stafdi KJRI Songkhla di Thailand.

Ms Dareeya melaksanakan ujian tesis secara online pada Selasa (7/4) dikarenakan situasi Pandemi Covid-19 yang melanda kedua negara Thailand dan Indonesia. Ujian thesis yang awalnya diagendakan untuk dilaksanakan di Malang terpaksa dilakukan secara online sebagaimana aktivitas akademik lainnya di UM. Tesis yang berjudul “The Journey Of Being Multilingual While Learning English In A Non-English Speaking Country” ini dibimbing oleh Prof. Dr. YazidBasthomi, M.A. selaku dosen pembimbing pertama dan Ibu Aulia Apriana, M.Pd selaku dosen pembimbing kedua. Selain kedua pembimbing tersebut, Dareyaa juga diuji oleh Prof. Bambang Yudi Cahyono, M.A. Ph.D. 

Setelah selesai ujian, Bapak Fachri mengirimkan pesan singkat ke Prof. Yazid bahwa Beliau sangat senang bahwa akhirnya salah satu staff warga negara Thailand dapat menyelesaikan studinya. Beliau juga menambahkan bahwa dulu Dareeya datang ke Malang dengan 5 orang Thailand lainnya, namun hanya Dareeya yang berhasil menjadi perwakilan Thailand yang berprestasi di UM. Tidak hanya menyampaikan pesan, Bapak Fachri juga mengirimkan beberapa foto yang diambil ketika ujian berlangsusng. Mendapat pesan tersebut, Prof Yazid pun membalas dengan mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan yang diberikan. Beliau merasa sangat senang bahwa Dareeya akhirnya bisa menyelesaikan tesis dan melakukan ujian tesis. Beliau juga berharap hal ini dapat menjadi penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand, khususnya Thailand Selatan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *